Warung Bebas

Minggu, 06 Mei 2012

Kenapa Abis Makan Kenyang

Kenapa Abis Makan Kenyang? Mungkin ada yang pernah mempunyai pertanyaan seperti itu, pertanyaan kenapa sehabis makan kita merasa kenyang? Atau mungkin malah sebuah pertanyaan yang bodoh dan gak penting? Apapun pendapat sobat, tapi hal ini yang sering gue tanyain dan belum ada yang bisa ngasih jawaban yang memuaskan.

Kenapa Abis Makan Kenyang

Kenapa harus ada pertanyaan “Kenapa Habis Makan Kenyang?” Kenapa harus itu yah.. Seterah gue dong. Gue coba search aja minta bantuan mbah Google, dan menemukan beberapa jawaban berikut:

Pengertian Kenyang
Kenyang secara harafiah adalah suatu perasaan apabila maag atau lambung seseorang sudah terisi penuh dengan makanan. Rata-rata, organ pencernaan manusia membutuhkan waktu l.k. 3 jam setelah "makan besar" sehingga setelah 3 jam biasanya perut kembali kosong. Otak mengolah informasi ini sebagai "lapar".

Kenapa Abis Makan Kenyang?
Setelah kita makan, makanan akan disimpan di dalam gudang bernama lambung, sebelum akhirnya diedarkan darah ke seluruh tubuh. Jika lambung sudah "penuh", maka lambung akan bereaksi, pertanda kita kenyang.
Perlu diingat, makan sampai sampai kenyang boleh2 saja, asal tdk berlebihan. Seenak apa pun makanannya, daya tampung tubuh juga ada batasnya. Makan secara berlebihan dapat membuat perut terasa penuh dan menciptakan rasa kembung. Jika terlalu kenyang, lambung akan bekerja kelewat keras, padahal setelah terisi, lambung juga butuh istirahat.
Proporsi lambung yg ideal adlh 1/3 makanan, 1/3 minuman dan 1/3 udara.

**
Secara logika, kenapa abis makan kenyang?
Karena tempat penampungan makanan (Lambung dan usus) dalam tubuh kita itu relatip kecil, karena makanan memadati ruangan-ruangan di dalam usus dan lambung, sehingga jika sesudah makan kita merasa kenyang.
Jika terasa kenyang banget, itu terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan makanan itu memadati semua ruangan yang ada di dalam lambung dan usus kita.

**
Coba kita lihat balon, ketika kita isi udara, awal-awal sebelum diisi udara, kosong atau kelaparan, kondisi masih sangat lentur, kemudian diisi sedikit demi sedikit, semakin besar, semakin keras, sampai akhir batas kemampuan balon. Kalo diteruskan, “pecah”, karena konsentrasi udara didalam balon sudah sangat penuh, “kekenyangan”.
Begitu juga manusia, setelah makan, terasa kenyang, karena seperti halnya balon, konsentrasi makanan dan minuman sudah mengarah jumlah yang dapat ditampung oleh lambung, kalo pada balon, tidak ada sensor yang dipasang, maka pada lambung ada saraf-saraf yang terpasang pada lambung yang memberi sinyal bahaya bila diteruskan untuk diisi, karena bisa “pecah”, berabe toh....!

**
Karena perut terisi makanan dan proses pencernaan yang berjalan lama, sehingga saat menunggu proses pencernaan tersebut, perut terasa penuh dan itulah yang disebut dengan kenyang.

Kenapa setelah makan kenyang ?

- Kamu gak lupa membaca do'a sebelum makan.
- Inget sama pesen kanjeng Nabi saw, berhenti makan sebelum kau kenyang.
- Bersyukur atas apa yang telah kau makan.
- Pernah inget gak, saat mau makan tidak berdo'a ? Saya yakin, makanmu akan seperti orang tak pernah kenyang.

**
Saat mengonsumsi makanan, maka lambung akan terisi dan merangsang enzim untuk mencerna makanan. Nah saat kita makan sesuai porsi kita. lambung mulai terisi. Pada saat itulah kita merasakan 'Kenyang'. Ini diakibatkan otot otot dinding lambung yang terdesak oleh makanan sehingga ia mengirimkan isyarat ke otak yg diterjemahkan oleh rasa “kenyang” tadi.

**
Tandanya kamu sudah memenuhi kapasitas lambung, dan dikirimnya sinyal ke otak yang menyatakan kalo perut kamu sudah penuh alias kenyang.
Kalo kamu tidak merasakan kenyang, tentunya kamu akan terus makan dan tidak tahu kapan harus berhenti.

**
Karena kamu habis makan makanya kamu kenyang coba kaga makan ... kenyang kaga tuh..? pasti kaga kan..

**
Waaah., itu pertanda anda manusia yg indera perasanya masih hidup... Andai udah mati anda takkan pernah merasa kenyang atau lapar...

**
Kalo abis lari... cape..
abis nyangkul... cape juga
abis nguli... apalagi, lebih cape
mendingan makan ya gak, abis itu kenyang deh.

**
iya ya .... kenapa yah ....
aku juga bingung kenapa ....
kamu dong yang kasih tau ...
kenapa kalau kita habis makan jadi kenyang ...^-^

**
- Karena eh karena.. ah... gw juga bingung kenapa setelah makan jadi kenyang
- Makanya aku juga heran... aneh ya
- Karena udah makan...
- Takdir
- Itulah masalahnya
- Yah itu berarti lambung sudah penuh
- Karena perutnya sudah terisi.
- Karna kalau lapar itu namanya blum makan!!!
- Ya iyalah kan itu memang tujuan utama makan. supaya kenyang.
- Karena kalo habis makan, kamu masih belum kenyang itu namanya “Rakus”.
- Itu penyakit turunan dari nenek moyang kita, obatnya belum pernah ditemukan.

Itulah sedikit dari sekian banyak jawaban dan penjelasan mengenai “Kenapa Habis Makan Kenyang”. Mulai dari yang malah balik Tanya, jawaban ngawur, kocak, lucu, gokil, secara ilmiah dan juga penjelasan yang cukup panjang dan rada bisa di mengerti. Mungkin sobat punya jawaban yang lain ?? Disalin Arie Pinoci sumber Google.com.

0 komentar em “Kenapa Abis Makan Kenyang”

Poskan Komentar