Warung Bebas

Rabu, 09 Mei 2012

Tips Berhenti Merokok

Tips Berenti Merokok: Merokok dapat Menyebabkan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi dan Gangguan Kehamilan dan Janin. Itu kata kata yang tertera dalam setiap bungkus Rokok dan resiko atau Bahaya dari Rokok. Tapi tetep aja masih banyak orang yang Merokok, mungkin karna udah Kecanduan Rokok, gak bisa berenti Merokok atau susah cari cara berenti Merokok yang ampuh?

Para Perokok/ Pecandu Rokok sebenernya udah tau bahaya rokok (termasuk gue sendiri), mungkin ada yang cuek atau ada juga yang sulit buat berenti Merokok. Gimana sih cara berhenti merokok yang bener-bener bisa menghilangkan rasa ingin merokok? Nah, kali ini gue coba share sedikit Tips Berenti Merokok versi gue yang pernah gue coba.

Tips Berhenti Merokok

* Niat Berenti Merokok
Cara paling utama berenti merokok atau melakukan suatu hal adalah dengan Niat. Kalo dari awal kita Niat untuk berenti merokok, tahap selanjutnya bisa kita lakukan.

* Pikirin Dampak Buruk dan Bahaya Rokok
Setelah Niat, kita bisa pikirin resiko dan bahaya rokok. Kita semua pasti udah tau kan dampak buruk rokok buat kesehatan tubuh, lingkungan dan orang disekitar perokok. Coba deh buat mikirin bahaya rokok, kalo kita terus-terusan merokok dampak nya buat kita, keluarga dan orang lain.

* Pikirin Manajemen Keuangan
Rokok kan dibeli pake uang. Bayangin aja deh, kalo sehari kamu merokok sebungkus dengan harga Rp. 12.000,- dikali sebulan (30 hari) – Rp. 360.000,-. Kamu harus ngeluarin uang segitu tiap bulan, sedangkan penghasilan kamu berapa, coba pikirin deh manajemen keuangan kamu. Mendingan buat beli keperluan lain yang lebih penting kan.

* Jangan Mengurangi Tapi Langsung Berenti
Nah ini, mungkin ada yang coba berenti rokok dengan mengurangi hisapan rokoknya, yang biasanya sehari 2 bungkus jadi sebungkus. Mungkin ada yang berhasil, tapi kadang tetep aja masih merokok. Saran gue sih kalo bisa langsung berenti aja.

* Makan Permen Mint/ Permen Karet
Kalo hari pertama berenti merokok, rasanya pasti gimana gitu dah (mulut asem), pengen banget ngemut + ngisep rokok. Tapi coba tahan dan atasi dengan makan permen mint atau permen karet. Walaupun beda, tapi coba aja.

* Ngemil
Kenapa ngemil? Selain makan permen, atau kalo gak suka permen, kamu bisa coba ngemil aja. Kalo lagi berasa pengen merokok, mendingan ngemil aja. Misalnya gorengan, biscuit, jajanan, dll, pokoknya yang kamu suka deh. Selain bisa mengatasi rasa pengen rokok, kamu juga bisa sedikit gemukin badan.

* Dukungan dari Keluarga dan Sahabat
Biasanya kalo kita udah niat berenti merokok, kita juga butuh support dan dukungan dari orang-orang terdekat, seperti keluarga atau sahabat. Minta mereka buat selalu ngingetin kalo kita pengen berenti merokok, usahain mereka jangan merokok didepan kita juga.

* Punya Pacar yang Melarang Merokok
Kalo ini sih biasanya banyak pacar yang melarang kita merokok (khususnya buat para cowok), tapi kadang malah dicuekin atau marah kalo disuruh berenti merokok. Justru kalo pacar ngelarang kita merokok, bisa jadi satu cara berenti merokok loh. Kalo kita beneran sayang sama pacar dan tubuh kita, pasti bakalan berusaha buat berenti merokok.

* Konsultasi ke Dokter
Kalo masih susah juga buat berenti merokok, kamu bisa coba dengan konsultasi sama pak Dokter. Minta saran, tips, resep atau obat yang bisa mendukung untuk berhenti merokok. Karna biasanya Dokter lebih tau dan kebanyakan para dokter tidak merokok.

* Terapi Hipnotis
Cara ini mungkin cukup ampuh dan banyak yang udah coba dengan terapi hipnotis untuk berenti merokok. Kamu bisa dateng ketukang hipnotis aja, Tanya langsung (gue gak terlalu ngerti). Atau kamu bisa minta bantuan si Uya Kuya. Hehehe..

Mungkin setiap saran atau tips itu lebih gampang ditulis/ disampaikan, karna seringnya susah dijalanin. Tapi dengan sedikit Tips Berhenti Merokok diatas dan Niat yang kuat buat gak merokok lagi, moga aja bisa jadi cara berenti merokok buat sobat. Copy from Heritok.com by Arie Pinoci.

0 komentar em “Tips Berhenti Merokok”

Posting Komentar