Warung Bebas

Senin, 09 Juli 2012

Cara Mengatasi Masalah Tanpa Masalah

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Tanpa Masalah? Setiap orang pasti pernah mengalami dan punya masalah, mulai dari yang biasa sampe masalah yang berat alias luar biasa. Masalah bisa datang tak terduga tapi bisa juga karna kesalahan kita sendiri. Walaupun ga ada yang mau punya masalah, tapi yang namanya hidup pasti ada aja masalahnya, gimana kita menghadapi dan mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Masalah Tanpa Masalah

Lalu, bagaimanakah menghadapi, mengatasi atau mencegah masalah agar gak terjadi atau meminimalisir masalah? Sebenernya saya juga suka bingung + frustasi kalo lagi ada masalah, kayanya pengen ‘Hilang Ingatan’ kalo lagi ada masalah. Tapi mungkin saya bisa ngasih sedikit saran dan penjelasan mengenai gimana cara mengatasi masalah versi saya.

* Pikirin Dulu Sebelum Melakukan Sesuatu
Biasanya masalah datang karna kesalahan kita sendiri, sebelum melakukan sesuatu ada baiknya dipikirin dulu gimana dampak kedepannya, apakah ada dampak buruk (Negativ) atau gak’nya. Karna kebanyakan dari kita selalu berfikir “Gimana nanti”, seharusnya sebelum melakukan sesuatu pikirin juga “Nantinya gimana”. Ngerti kan maksudnya?

* Tenang dan Sabar
Kalo masalah udah dateng, langkah pertama yang mesti dilakukan adalah tetap tenang dan sabar. Walaupun mungkin pikiran kacau + galau, cobalah untuk sabar. Coba liat dulu masalahnya kenapa dan darimana, masalah biasa atau luar biasa, trus coba cari jalan keluarnya. Karna kata orang setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

* Curhat ke Orang Lain yang Bisa Dipercaya
Biasanya setiap kali ada masalah, pasti ada saatnya kita ga bisa selesain sendiri, kita butuh temen. Mungkin Cuma sekedar shering (curhat) masalah kita, atau bisa juga minta saran dan bantuannya. Tapi kita mesti pilih temen yang bisa dipercaya dan syukur-2 bisa ngasih solusi.

* Hadapi dan Coba Atasi Masalah Tanpa Masalah
Setelah mengetahui darimana masalah yang kita hadapi, dengan tenang, sabar dan sudah coba shering ke orang lain, cobalah untuk cari solusinya buat mengatasi masalah tanpa masalah lagi. Besar kecil masalah yang kita hadapi pasti ada jalan keluarnya, dan setiap masalah yang kita hadapi pasti ada orang lain yang mengalami masalah lebih dan lebih berat dari kita.

* Ambil Pelajaran dan Hikmah dari Masalah yang Terjadi
Kalo masalah yang dihadapi udah bisa diatasi, kita coba ambil pelajaran dan hikmahnya. Jangan sampai mengalami atau mengulang masalah yang sama dikemudian hari, kalo kata pepatah mah “jangan jatuh dilubang yang sama”.

Itu sedikit ocehan saran dan penjelasan dari saya tentang cara menghadapi dan mengatasi masalah. Mungkin cara-cara diatas bisa membantu mengurangi kebingungan dan kepusingan saat mengalami masalah. Walaupun mungkin kurang memuaskan, semoga bisa bermanfaat. Karna saya sendiri juga manusia yang pernah mengalami masalah dan ingin mengatasi masalah tanpa ada masalah lagi. Ditulis Arie Pinoci.

0 komentar em “Cara Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”

Poskan Komentar