Warung Bebas

Minggu, 22 Juli 2012

Contoh RPP Matematika SMPLB Tuna Netra

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran MTK | RPP Matematika SMPLB Tuna Netra: Mungkin ada yang mencari artikel ini untuk tugas atau makalah mahasiswa/i Fakultas Ilmu Pendidikan jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB), terutama Mahasiswa PLB UNJ. Berikut Contoh RPP Matematika SMPLB Tuna Netra:

Contoh RPP Matematika SMPLB Tuna Netra

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran   : Matematika
Kelas/ Semester : VII/1-SMPLB TUNANETRA
Pertemuan ke    :
Alokasi waktu    : 2 x 45’

Standar kompetensi : 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu peubah dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi  dasar : 3.1. Membuat model  metematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linier satu peubah

Indikator :

1. Membaca skema masalah
  1. Menentukan relasi antar masalah
  2. Menentukan peubah dari masalah
  3. Menentukan bilangan konstanta
  4. Membuat model matematika dari masalah yang berhubungan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa dapat membaca skema setelah disajikan permasalahan.
  2. Siswa dapat menentukan relasi yang ada dalam masalah.
  3. Siswa dapat dapat menentukan peubah yang dalam masalah.
  4. Siswa dapat menentukan konstanta yang ada dalam masalah.
  5. Siswa dapat membuat model matematika dari masalah yang berhubungan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier.
  6. Siswa dapat mencari masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pertidaksamaan dan persamaan  sekaligus menyusun model matematikanya.

II. MATERI AJAR
  1. Model matematika

III. METODE PEMBELAJARAN
  1. a. Ceramah
  2. b. Tugas
  3. c. Diskusi

IV. LANGKAH PEMBELAJARAN

A. Kegiatan awal
  1. Guru mengulang kembali konsep persamaan dan pertidaksamaan linier.

B. Kegiatan inti
  1. Guru memberi contoh masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan dan siswa mencermatinya.
  2. Guru meragakan cara menuangkan masalah dengan skema, siswa mencermatinya.
  3. Guru mendorong siswa menentukan relasi yang ada dalam masalah apakah relasi kesamaan atau ketidaksamaan.
  4. Guru membimbing siswa dalam membuat skema atau diagram yang menggambarkan masalah yang dihadapi
  5. Guru mengelompokkan siswa atas tempat duduk untuk mendiskusikan variabel dan konstanta yang ada dalam masalah
  6. Siswa menyusun hubungan antara vaiabel dan konstanta-konstanta
  7. Siswa mengerjakan tugas.
  8. Siswa mencari masalah dalam kehidupan sehari-hari yang baerhubungan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier serta menyusun model matematikanya.

C. Kegiatan penutup

1. Guru bersama siswa membuat rangkuman langkah-langkah pembuatan  model matematika.
V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

A. Sumber: Buku Matematika kelas VII semester 2,
B. Alat:
VI. PENILAIAN
Nama Siswa Partisipasi Kreativitas Prestasi



NILAI


Kreteria:

A= Baik sekali
B= Baik
C= Cukup
D= Kurang

Itulah sedikit Contoh RPP Matematika Kelas VII/1 SMPLB Tuna Netra untuk tugas ataupun makalah. Semoga bisa bermanfaat. Ditulis Arie Pinoci dikutip dari Tugas Mahasiswi PLB UNJ 2010. Lihat juga Definisi Gangguan Emosi dan Tingkah Laku.

0 komentar em “Contoh RPP Matematika SMPLB Tuna Netra”

Poskan Komentar