Warung Bebas

Minggu, 16 Desember 2012

Daftar Penembakan Massal di AS

Daftar Penembakan Massal di AS | Pembunuhan Massal di Amerika Serikat (USA): Sudah banyak dan sering kita dengar kabar berita tentang Pembunuhan atau Penembakan Massal yang terjadi di Amerika Serikat (USA), entah di Sekolah, Bioskop, atau tempat umum lainnya. Sebuah negara yang melegalkan Senjata Api tersebut, ternyata menimbulkan berbagai penembekan disana hampir lebih dari 28 kasus penembakan.

Kilas balik tentang terjadinya Penembakan atau Pembunuhan Massal di Amerika Serikat (USA) selama 20 tahun terakhir ini. Berikut Daftar Pembunuhan Massal di Amerika Serikat.

Daftar Penembakan Massal di AS

* Bath Consolidated Schoolhouse, Michigan -18 Mei 1927
Saat seorang petani Andrew Kehoe meledakkan dua bom di sekolah, membunuh dirinya, enam orang dewasa, dan 38 anak-anak. Ini menjadi korban tewas terbanyak insiden pembunuhan di sekolah.

* University of Texas - 1 Agustus 1966
Mantan sniper Marinir Charles Whitman (25 tahun) mengambil senjata disebuah gudang senjata dan menembak 16 korban dari dek observasi menara kampus.

* Kent State University, Ohio - 4 Mei 1970
Pasukan Garda Nasional menewaskan empat mahasiswa yang mengambil bagian dalam protes anti-perang di kampus Kent State University di Ohio.

* Everett High School Lansing, Michigan - 22 Februari 1978
Roger Needham yang kala itu berusia 15 tahun membunuh murid yang kerap mem-bully-nya. Setelah empat tahun ditahan di penjara anak, ia melanjutkan sekolah hingga mencaoai gelar dokter dalam ilmu matematika dan menjadi dosen di Mussouri dan New York.

* Cleveland Elementary School, California - 17 Januari 1989
Patrick Edward Purdy masuk sekolah dan melepaskan tembakan dengan senapan semi-otomatis di Sekolah Dasar Cleveland. Lima anak tewas dan 30 lainnya terluka, termasuk seorang guru. Dia kemudian menembak dirinya sendiri.

* University of Iowa - 1 November 1991
Gang Lu (27 tahun), seorang mahasiswa pascasarjana dari China menewaskan lima dengan revolver kaliber .38. Dia rupanya marah karena disertasi doktornya belum dinominasikan untuk penghargaan akademik.

* Thomas Jefferson High School, Brooklyn - 26 Februari 1992
Seorang murid berusia 15 tahun menembak dan membunuh dua rekannya. Pelaku, Kahlil Sumpter dipenjara dan baru bebas pada 1998.

* Lindhurst High School, California - 1 Mei 1992
Eric Houston, murid putus sekolah berusia 20 tahun tiba-tiba mendatangi bekas sekolahnya. Membunuh seorang mantan gurunya  dan tiga murid. Ia divonis mati.

* Frontier Junior High School, Washington - 2 Februari 1996
Barry Loukaitis (14) membawa senapan ke sekolah, membunuh dua teman dan seorang gurunya. Divonis seumur hidup.

* Heath High School, Kentucky - 1 Desember 1997
Michael Carneal (14) menembakkan senjata ke kelompok rohani sekolahnya, membunuh tiga siswi. Dia dihukum seumur hidup.

* Westside Middle School, Arkansas - 24 Maret 1998
Andrew Golden (11) dan Mitchell Johnson (13) menyerang teman- temannya dan guru, lima tewas. Mereka ditahan di penjara anak-anak dan dibebaskan saat berusia 21 tahun. Pasangan ini dikirim ke pusat penahanan remaja dan keluar pada tahun 2005.

* Thurston High School, Oregon - 21 Mei 1998
Setelah membunuh orang tuanya sendiri, keesokan harinya, Kip Kinkel (15) membunuh dua teman sekolahnya di kantin sekolah. Ia dijatuhi hukuman 112 tahun bui.

* Columbine High School, Colorado - 20 April 1999
Eric Harris (18) dan Dylan Klebold (17) membunuh 12 teman sekolahnya serta seorang guru, sebelum akhirnya bunuh diri di perpustakaan sekolah.

* Santana High School, California - 5 Maret 2001
Charles "Andy" Williams (15) membunuh dua temannya, dan melukai 13 lainnya. Williams divonis 2002 lalu dengan hukuman 50 tahun

* University of Arizona - 28 Oktober 2002
Robert Flores (40 tahun), seorang mahasiswa keperawatan menembak seorang instruktur di kantornya sebelum memasuki ruang kelas dan membunuh dua guru lagi sebelum bunuh diri.

* Red Lake High School, Minnesota - 21 Maret 2005
Jeff Weise (16) membunuh kakek dan seorang dewasa lainnya, empat teman sekolahnya, seorang guru, dan satu satpam. Ia lalu bunuh diri.

* Campbell County Comprehensive High School, Tennessee - 8 November 2005
Seorang murid berusia 15 tahun menembak kepala sekolah dan dua asistennya. Seorang tewas, lainnya terluka parah.

* West Nickel Mines School, Pennsylvania - 2 Oktober 2006
Charles Roberts IV (32) menyandera 11 siswi. Lima di antara korban tewas, enam lainnya luka. Pelaku belakangan membunuh dirinya sendiri.

* Virginia Tech Blacksberg, Colorado - 16 April 2007
Seung-Hui Cho, mahasiswa, melakukan penembakan kepada 32 orang dan akhirnya 15 orang tewas di Virginia Tech di Blacksburg, Virginia. Dia kemudian berbalik menembak dirinya sendiri.

* Omaha, Desember 2007
Seorang pria (20 tahun) menembak 9 orang hingga tewas dan 5 lainnya terluka di sebuah pusat perbelanjaan di Omaha, Nebraska.

* Northern Illinois University, Februari 2008
Seorang pria melepaskan tembakan di sebuah ruang kuliah di Northern Illinois University di DeKalb, Illinois.

* Birminghamton, April 2009
Sebanyak 13 orang ditembak mati oleh seorang pria bersenjata di Binghamton, New York.

* Texas, November 2009
Mayor Nidal, seorang psikolog tentara AS, menembaki sebuah pangkalan militer di Fort Hood, Texas. Sebanyak 13 orang tewas dan 42 lainnya luka-luka.

* Alabama, 2009
Seorang pekerja (28 tahun), sambil mengendarai mobil di Kota Alabama, AS, menembak secara membabi buta, dan menewaskan 10 orang.

* Arizona, Januari 2011
Sebanyak 6 rang termasuk gadis 9 tahun tewas dan 12 lainnya cedera, bahkan seorang anggota Kongres AS, luka parah tertembak di kepalanya, ketika seorang pria bersenjata melepaskan tembakan di sebuah ruang publik di luar salah satu toko di Tucson, Arizona. Gabrielle Giffords.

* Chardon High School, Ohio - 27 Februari 2012
Seorang murid,  Daniel Parmertor (16) tewas sementara empat lainnya luka-luka saat temannya T.J. Lane menembakkan senjatanya. Sehari kemudian, korban jiwa bertambah, Demetrius Hewlin (16) meninggal akibat lukanya yang terlampau parah. Sementara, Russell King Jr (17) masih bernyawa, tapi otaknya dinyatakan mati.

* Bioskop Aurora, Colorado - 20 Juli 2012
James Eagan Holmes (24) menembak dan melemparkan tabung gas ke sejumlah penonton yang sedang menyaksikan film Batman 'The Dark Knights Rises'. Akibatnya, 12 orang tewas, dan 71 orang terluka. Tiga di antaranya warga negara Indonesia (WNI).

* The Sandy Hook Elementary School, Connecticut - 14 Desember 2012
Dua penembak (20 tahun) merajalela, memberondongkan senjata ke arah murid-murid di Sandy Hook Elementary School, Connecticut pada Jumat (14/12/12). Setidaknya 30 orang dinyatakan tewas, 18 di antaranya bocah-bocah polos tak berdosa. Hingga Amerika menurunkan bendera setengah tiang.

Cukup mengerikan juga kejadian-kejadian Penembakan Massal yang terjadi di AS sana. Itulah Daftar Pembunuhan Massal di Amerika Serikat dalam 20 Tahun terakhir yang pernah terjadi di negara adidaya yg melegalkan Senjata Api. Semoga bisa jadi renungan dan jangan sampai terjadi di Indonesia. Disalin Arie Pinoci dari berbagai sumber CNN . dailymail.co.uk . id.berita.yahoo.com dan google.co.id.

0 komentar em “Daftar Penembakan Massal di AS”

Posting Komentar