Warung Bebas

Rabu, 06 Februari 2013

Blog Personal vs Blog Komersial

Kenapa gue kasih judul "Blog Personal vs Blog Komersial".? Bingung juga kenapa, karena emang lagi bingung mau nulis apaan, keliatan kan dari beberapa hari ini gak ada postingan baru. Mungkin blog gue ini bisa dibilang sebagai Blog Komersial, yang sebenernya pada awal bikin blog ini rencananya buat Blog Personal, tapi ternyata jadi begini.

Blog Personal vs Blog Komersial

Mungkin karna dari awal gue belajar nge-blog udah terpaku dengan berbagai komersial blog, jadi blog ini pun terbawa menjadi blog komersial. Jujur, beberapa kali gue pengen bikin Blog Personal, bener-bener personal blog tanpa iklan dan artikel yang ditulis pun hasil coretan asal pribadi. Tapi sampe sekarang belum kesampean, karna tiap kali buat blog yang rencananya pribadi - akhirnya jadi komersial juga. Contohnya blog gue yang satunya Pinoci Blog, isi postingan udah mulai ngawur.

# Perbedaan
Sebenernya keliatan banget antara Blog Personal vs Blog Komersial, bisa diliat dari postingan dan gaya penulisannya. Kalo personal blog lebih ke tulisan-tulisan pribadi (baca: asli tulisan sendiri) yang kadang gak jelas n gak penting banget. Tapi kalo komersial blog biasanya hasil copy-paste artikel blog lain, copy-edit, atau sengaja ngincer "kata kunci" search engine google, contohnya blog gue ini.

# Pangunjung
Bisa dibilang blog ini adalah blog personal semi komersial blog atau sebaliknya. Karna kadang ada tulisan asal gue yang gak jelas, dan seringnya nulis artikel hasil copy-edit dari blog/website lain. Tapi apapun itu, gue bersyukur banget blog ini udah lumayan "pengunjung"-nya, ya walaupun gak tau pada betah apa cuma nyasar kesini. Tapi gue selalu berusaha menulis postingan yang minimal bisa bermanfaat buat gue sendiri dan berharap buat sobat pengunjung.

Mungkin gak penting banget gue nulis tenyang Blog Personal vs Blog Komersial ini, tapi mulai akhir desember 2011 kemaren, gue udah buat blog personal. Dan rencananya itu blog beneran blog pribadi gue. Sementara ini belum banyak postingannya, jadi belum pantes di share. hehehe..
Ya udahlah, gitu aja tulisan gue kali ini, bingung mau nulis apa lagi. Lagi pusing juga ini otak gue banyak pikiran yang gak jelas. (curcol dikit) .. Salam blogger dan salam persahabatan by Arie Pinoci.

0 komentar em “Blog Personal vs Blog Komersial”

Posting Komentar